Wednesday, March 11, 2020

Tanda awal - Awal Kehamilan

Pada awal kehamilan, mungkin saja Anda merasa ragu untuk meyakinkan diri sedang hamil atau tidak ya ? Kebanyakan dari kita tidak menyadari sampai terlambat mensturasi 1 minggu atau 2 minggu.
Setiap wanita memiliki tanda-tanda kehamilan yg berbeda, tetapi sebagian besar wanita mengalami hal seperti dibawah ini :

  1. Haid tidak datang. Hal ini disebut juga sebagai amenorrhoea. Apabila hal ini terjadi, ada kemungkinan Anda hamil, sebab berhentinya haid merupakan pertanda dibuahinya sel telur oleh sel sperma. Penting untuk dicatat tanggal hari pertama haid terakhir guna menentukan usia kehamilan dan memperkirakan tanggal kelahiran. Rumus sederhana menentukan tanggal kelahiran yaitu tanggal ditambah 7 sedangkan bulan dikurangi 3, dihitung dari tanggal pertama haid terakhir. Namun, terlambat haid ini juga bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, banyak hal yang mempengaruhinya seperti pola makan, stress, kecapaian, adanya gangguan hormonal dan sebagainya
  2. Mual dan muntah. Beberapa wanita ada yang tidak mengalami hal ini, tetapi hampir 50% wanita yang baru mulai hamil, umumnya 2 minggu setelah pembuahan mengalami gejala ini. Gejala ini disebut morning sickness. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan meningkatnya hormon hCG ( Human Chorionic Gonadotrophin ) atau hormon manusia, yang menandakan ada " manusia lain " di tubuh Anda. Dan itu tidak hanya pagi hari, kehamilan dengan mual dan muntah dapat terjadi pagi, siang atau malam. Umumnya mual-mual dirasakan sampai pada awal trimester kedua. Dan sebagian lagi yang lain perlu beberapa bulan sampai rasa mualnya benar-benar hilang.
  3. Sakit kepala. Gangguan pusing dan sakit kepala sering dirasakan karena faktor fisik seperti rasa lelah, mual, lapar serta faktor emosional dimana ada perasaan tegang dan depresi yang disebabkan perubahan kadar hormon tubuh ketika mulai hamil. Meningkatnya pasokan darah ke tubuh juga dapat membuat Anda pusing setiap ganti posisi.
  4. Cepat lelah dan mengantuk. Perubahan hormonal dan kerja ginjal, jantung dan paru-paru semakin bertambah membuat Anda menadi lebih cepat lelah. Anda akan merasa lebih berenergi setelah anda menginjak trimester kedua. Walaupun rasa lelah biasanya kembali datang pada bulan-bulan akhir kehamilan ketika anda membawa beban lebih berat dan ketidaknyamanan juga biasa terjadi pada masa kehamilan yang membuat anda susah untuk tidur dengan nyenyak.
  5. Payudara mengencang dan puting mengeras. Terdapat perubahan pada payudara Anda, dimana lebih kencang, puting payudara terlihat lebih tegak dan mengeras dan rasanya nyeri atau sensitif jika tersentuh. Puting susu membesar dan warnanya akan semakin gelap, kadang juga terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara. Pertanda meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron di tunbuh Anda, saat ini tubuh mempersiapkan ASI bagi bayi saat terlahir ke dunia. Rasa tidak nyaman ini akan berkurang setelah trimester pertama, seiring tubuh menyesuaikan dengan perubahan hormon.
  6. Terdapat bercak darah atau flek yang disertai kram perut. Pada beberapa wanita terjadi keluarnya bercak darah sekitar 8 - 12 hari setelah ovulasi atau lepasnya sel telur matang dari rahim. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Umumnya keluarnya bercak darah disertai oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul. Bercak darah yang keluar tidak banyak, dalam hal ini tampak seperti noda merah, pink atau agak kecoklatan dan berakhir dalam 1 – 3 hari. Tetapi jika keluarnya bercak darah diikuti rasa sakit, segera beritahu dokter, karena kemungkinan tanda dari kehamilan ectopic atau hamil diluar kandungan.
  7. Sering buang air kecil. Keinginan untuk pipis menjadi lebih sering daripada frekuensi biasanya, hal ni terjadi karena janin mulai tumbuh di rahim dan menekan kantung kemih, selain itu disebabkan meningkatnya sirkulasi darah dan hormon kehamilan. Hindari dehidrasi dengan meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh. Jangan di tahan !!
  8. Meningkatnya sensitifitas penciuman dan perasa. Saat awal kehamilan, tidak aneh jika Anda menghindari bau atau aroma yg menyengat. Walaupun tidak dihetahui secara pasti, tetapi ini disebabkan adanya perubahan hormon estrogen. Saat ini Anda juga merasakan makanan tertentu yang biasanya Anda makan atau sukai, tiba tiba menjadi aneh dirasakan.
  9. Sembelit. Terjadi akibat meningkatnya hormon progesteron. Selain mengendurkan otot rahim, hormon ini juga mengendurkan otot dinding usus, sehingga melambatkan gerakan usus, tujuan utamanya untuk penyerapan maksimal nutrisi bagi janin sempurna.
  10. Perut kembung. Dirasakan karena perubahan hormonal, sehingga anda merasa kurang nyaman. Hal ini dapat menguragi nafsu makan Anda. Diharapkan makan sedikit-sedikit untuk memenuhi asupan yang diperlukan tubuh.
  11. Sering meludah. Akibat perubahan kandar hormon estrogen.
  12. Naiknya temperatur basal tubuh. Temperatur basal adalah temperatur yang diambil dari mulut saat bangun di pagi hari. Temperatur ini sedikit meningkat setelah ovulasi. Kondisi ini akan bertahan selama masa kehamilan.
  13. Ngidam. Umumnya terjadi pada wanita di daerah Asia, tidak menyukai atau menginginkan makanan tertentu, penyebabnya perubahan hormon.
  14. Moon naik turun. Kenaikan produksi hormon di tubuh pada awal kehamilan membuat Anda sedikit lebih emosional, dimana dapat menjadi cepat sedih atau cepat gembira.

Dari beberapa tanda-tanda kehamilan diatas, tidak semua wanita akan mengalami hal yang sama. Ada yang mengeluh luar biasa, ada juga yang tidak merasakannya sama sekali. Untuk lebih memastikan kehamilan, Anda dapat melakukan dengan cara lain, yaitu dengan tes urin, Anda dapat membeli alatnya di apotik dan melakukan tesnya sendiri di rumah. Pada tes ini akan diukur hCG ( human chorionoc gonadotropin ) yaitu hormon yang dihasilkan plasenta dan hormon ini akan meningkat dalam urin dan darah selama seminggu pertama setelah konsepsi. Gunakan sesuai petunjuk yang ada. Tes yang paling akurat dilakukan pada pagi hari.



No comments:

Post a Comment